Minggu, 18 Desember 2011

Tentang Pelecehan

Maraknya kejadian pelecehan terhadap perempuan di sarana transportasi umum itu kira-kira salah siapa ya?

Kemaren sabtu, pas aku pulang naik Trans jakarta busway, ada yg megang pantatku. Bukan megang nyenggol, tapi beneran megang. Sumpah aku benci banget. Jadi kejadiannya itu di Transjakarta koridor 3, menuju kalideres. Arah aku pulang. Kondisi bus malam itu memang ramai. Penuh sesak. Pas aku mau turun, ada yang megang pantatku. Tapi aku nggak tau siapa, karena kondisi ramai dan penerangan dalam bus yang agak gelap ditambah mataku yg rabun jadi aku nggak tau siapa pelakunya. Aku nggak bisa marah atau gimana, soalnya pas banget aku udah keluar dari pintu dan pas mau marah pintunya udah nutup dan bisnya jalan. Aku cuman bisa kesel sekesel-keselnya. Entah itu yg megang laki-laki apa perempuan. Yakali ada perempuan yg megang pantat gue. Kalopun cowok aku juga nggak tau umurnya atau kayak apa.

Se-desperate itukah dia sampai-sampai pantatku yg standar dan tidak montok ini pun di pegang sama dia?

Aku kemudian inget dulu banget pas masih kerja di tempat lama itu, aku sering pulang malem. Pernah kadang pulang jam 1 atau jam 2. Walau kadang kalo males banget ya aku tidur di kantor. Dulu aku tinggal di rumah tanteku di Ciputat dan sering pulang malem naik angkot D02 Ciputat - Pondok labu itu. Angkot yg sama di kejadian pemerkosaan beberapa minggu lalu. Om sama tanteku udah sering wanti-wanti buat nggak usah pulang malem. Atau kalau nggak tidur tempat temen aja. Entah kenapa dulu aku ignorance sekali tentang keselamatanku sendiri. Aku selalu ngerasa kalo aku itu nggak ada yg bisa diambil. Dalam artian nggak kaya dan nggak ada barang berharga yg mengundang untuk di copet, nggak ada cakep cakepnya juga, dan bentukku itu nggak indah. Berbekal pemikiran itu, aku pasrah sama yg di atas dan nyantai aja gitu ngangkot malem-malem. Untungnya nggak pernah ada kejadian aneh-aneh macem begitu. Walaupun sekarang kalo disuruh gitu lagi aku bakal mikir puluhan kali. Mending naik taksi. Atau pergi ke rumah siapa.
Temen kantorku bahkan ada yg selalu sedia semprotan merica di tas dan pisau cutter buat jaga-jaga. Walaupun menurutku agak ribet buat make. Bayangin aja kondisi genting trus kamu musti cari itu semprotan merica dan pisau cutter yg terselip diantara barang-barang lain di tas. Keburu diserang duluan. Apalagi kasus yg kejadian belakangan itu pelakunya lebih dari satu.

Kalian yg perempuan jaga diri baik-baik ya. Lihat-lihat kalau mau naik kendaraan umum. Jangan pakai pakaian yang makin mengundang bahaya. Kalau terpaksa pulang malam mending naik taksi aja atau sukur2 ada yg jemput. Terakhir, berserah dan berdoa sama yg di Atas. Buat yg laki-laki juga. Bertingkahlah secara gentle, Laki-laki bisa disebut laki-laki kalau dia bisa menghormati perempuan. Di dunia ini ada hal yg disebut Karma. :)

10 komentar:

  1. :( peluk Putri...

    Speechless...
    Ati2 ya Put.. Gpp deh dibilang penunggu kantor yang penting selamat.

    Btw kmrn liat potomu di profpic BB linda, kamu itu cantik dan manis banget lho!

    BalasHapus
  2. Ah mbak eka :') *peluk balik*

    Iya mbak Eka, kita perempuan musti ekstra hati-hati. Apalagi kalo naik kendaraan umum..

    BalasHapus
  3. dulu, waktu pertama terjadi pemerkosaan di angkot ada individu yang menuduh karena rok mini, meskipun itu ga bisa jadi acuan yang mutlak. Tapi, yang baru aja kemarin itu ibu2 umur 40 tahun, pakai rok mini juga? jelas nggak mungkin.
    jadi kudu waspada dan hati2.. tindak kriminal seperti ini tidak mengenal umur rupanya..

    CMIIW

    BalasHapus
  4. iya puput cantik kok :(
    duh tau gitu,kmrn kamu tak geret nginep tmpt ku put :(

    besok lagi jangan pulang malem2 ya kalau kita kencan :(

    BalasHapus
  5. melihat kasus seperti itu sebagai seorang perempuan saya turut prihatin. itu kaum kita, itu kaum kita! tapi saya seperti tidak bisa berbuat apa-apa, hanya mendengar dan membaca berita... dan juga mewanti-wanti teman2 perempuan saya. salam kenal mbak :)

    BalasHapus
  6. @Mursid: Iya, Orang kalo udah kebawa pengaruh setan udah nggak mandang kayak apa gimana lagi.Yang salah bukan pakaiannya, tapi otak yg ngeliat itu ngeres banget. IMO. Aduh serem ya.. :|

    @Linda: Tengkyu linda.. *peluk*

    @Rakyan: Iya, setidaknya kita bisa ngingetin sesama perempuan. Salam kenal juga ya.. :)

    BalasHapus
  7. Memang parah orang kaya itu
    dl pernah ngajak ribut orang kaya gitu.. tp galakan dia >.<

    semoga ga kejadian lagi ya mbak

    BalasHapus
  8. @Aris: Hihihi, ngerinya gitu ya. Kita malah digertak balik. Iya, semoga nggak kejadian hal2 semacam itu lagi terhadap perempuan manapun. :)

    BalasHapus

Katanya sih...